Kamis, 26 Desember 2013

17 PRINSIP MEMBANGUN TIM SUKSES YANG EFEKTIF


    Berikut ini 17 Prinsip membangun tim sukses yang efektif dan yang dapat memberikan keberhasilan buat si pemimpi: 


  1. Pemimpin wajib menetapkan tujuan utama tim, kemudian memotivasi tim untuk membangun mind set bahwa tujuan utama dari tim adalah membuat sukses setiap program, yang diawali dengan Do’a Usaha Ilmu dan Tenaga yang dasar dengan saling percaya guna pencapaian tujuan
  1. Tim sukses harus menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, terdevinisi, dan konsisten.
  1. Setiap anggota tim sukses harus berkomitmen untuk Menunaikan tanggung jawab mereka secara total.
  1. Tim harus cerdas dalam memilih karakter dari pribadi-pribadi yang akan berada di dalam tim sukses.
  1. Tim harus memiliki pemahaman yang jelas tentang bakat dan potensi dari masing-masing pribadi.
  1. Ketentuan, aturan, dan kebijakan wajib ditetapkan sebagai fondasi dasar untuk membangun etos kerja tim sukses yang efektif serta transfarasi dalam pemanfaatan dana.
  1. Setiap anggota tim sukses harus tahu tentang fungsi dan peran mereka di dalam tim sukses.
  1. Tim sukses harus bekerja melalui sebuah proses kerja yang selalu fokus dalam menjaga keutuhan dan kekompakan tim sukses (sampingkan kepentingan pribadi).
  1. Setiap melakukan tindakan tim harus melakukan pertemuan di antara anggota dan pemimpin, baru kemudian membuat keputusan yang tepat sasaran, dan mendefinisikan semua perkembangan baru dalam sebuah rencana kerja yang disetujui oleh semua anggota dalam tim.
  1.  Tim harus paham keadaan apapun perbedaan di antara anggota tim. Setiap orang wajib saling menghormati, saling mendengar, dan saling peduli.
  1. Tim menghindari terjadinya konflik, komplik harus dikelola dengan besar hati dan penuh empati, kemudian diselesaikan dengan menghormati semua pihak secara profesional.
  1. Tim harus menggunakan kekuatan intuisi untuk melihat hal-hal yang tak terlihat oleh panca indera. Lalu, membuat tindakan-tindakan yang memotivasi anggota tim untuk bekerja dengan emosi baik dan pikiran terang.
  1. Tim sukses dan pemimpin harus membangun hubungan dan komunikasi positif dengan “stakeholder” dalam sebuah suasana yang saling menguntungkan.
  1. Tim sukses harus membuat tabel rencana kerja dengan memasukan semua tips di atas sebagai faktor-faktor kerja tim yang harus diperhatikan secara terus-menerus. Jadi,
  1. Tim Sukses harus mampu melakukan Inofasi dan trobosan baru dengan memberikan kontekstual pencapaian Inspirasi bukan didasari oleh pembagian barang atau uang tunai,
  1. Berfikir dalam keadaan terhimpit yang penuh dengan tekanan serta hal yang penuh dengan keadaan yang penuh kesadaran diri bahwa visi misi kita untuk tujuan dalam penyampaian aspirasi publik,
  1. Tim Sukses harus mampu menghindar / menghindari perselisian antara atau bukan sesama maka perlu kebijakan hati yang lapang dan terima  pemecatan atas kesalahan namun tudak menyebarkan isu isu keburukan tim. 

Artikel berikut ini dikutip dari Blog Pravá Láska, berkaitan tentang bagaimana membangun tim sukses yang efektif dan berhasil.



0 komentar

Posting Komentar